Lazada dan Tokopedia yang sama-sama mendapat suntikan modal dari Alibaba mendominasi pasar e-commerce Indonesia sepanjang 2017. Sementara,...
Lazada dan Tokopedia yang sama-sama mendapat suntikan modal dari Alibaba mendominasi pasar e-commerce Indonesia sepanjang 2017. Sementara, Shopee, Blibli, dan Bukalapak menempel ketat di bawahnya.
Alibaba memang secara agresif mengembangkan kepemilikan saham di Lazada Indonesia menjadi 83% dari 51%. Lalu mengalirkan dana investasi sebesar US$ 1, 1 miliar ke Tokopedia. “Keduanya mantap di posisi satu dan dua, sepanjang tahun ini, ” kata Indah Mustikasari, Content Marketer iPrice dalam keterangan yang diterima Katadata.
Selain itu, iPrice Group yang mendasarkan riset mereka dengan mengumpulkan data Google Trends melihat bahwa Shopee, Blibli, dan Bukalapak bersaing memperebutkan posisi ketiga hingga lima. Selain itu, masuknya konglomerasi Salim Group dan Lotte yang meluncurkan iLotte juga turut meramaikan persaingan.
(Baca juga: WTO Perpanjang Moratorium, Indonesia Ngotot Tarik Pajak E-Commerce)
Persaingan e-commerce memang terbilang ketat. Menurut riset Google - Temasek soal ekonomi digital di Asia Tenggara menyebut, nilai transaksi e-commerce Indonesia tahun ini ...
Selengkapnya : Ditopang Alibaba, Lazada dan Tokopedia Dominasi Pasar E-Commerce 2017
Sumber: https://katadata.co.id/berita/2017/12/28/ditopang-alibaba-lazada-dan-tokopedia-dominasi-pasar-e-commerce-2017
COMMENTS